Tips

Yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Kolam Renang

Spread the love

.Ketika Anda ingin memiliki kolam renang pribadi di rumah Anda, Anda tidak bisa membangunnya hanya karena alasan memenuhi keinginan saja. Tetapi, banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membangun sebuah kolam renang.

Pertimbangan Saat Membangun Kolam Renang

Hal – hal pertimbangan seperti tujuan, ukuran dan bentuk, kedalaman, biaya, dan lain – lainnya menjadi penting sebelum Anda dapat membangun sebuah kolam renang. Berikut ini akan kita ulas mengenai pertimbangan apa saja yang perlu diperhatikan saat Anda memiliki keinginan membangun kolam renang.

  1. Alasan dan tujuan membangun kolam renang

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik saat ingin membangun kolam renang adalah alasan dan tujuan. Anda harus memiliki alasan yang mendasari keinginan untuk membangun kolam renang, apakah karena Anda hanya sebatas ingin memiliki sebuah kolam renang atau untuk alasan tertentu, pertimbangkan alasan – alasannya dengan baik.

Selain itu, tujuan apa yang ingin Anda penuhi dengan membangun kolam renang di rumah Anda. Apakah Anda membangun kolam renang dengan tujuan agar dapat berolahraga, atau untuk kebutuhan hiburan, atau hanya sebuah pelengkap dekorasi saja. Tujuan tersebut berkaitan dengan fungsi penggunaan kolam renang yang Anda bangun.

Alasan dan tujuan menjadi penting karena untuk membangun sebuah kolam renang membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Saat hal ini diabaikan, bisa jadi kolam renang Anda di rumah malah menjadi tidak fungsional dan tidak efisien.

  1. Siapa yang menggunakan kolam renang

Setelah tahu alasan dan tujuan membangun kolam renang, Anda juga perlu mempertimbangkan tentang siapa yang akan menggunakan kolam renang nantinya. Apakah hanya Anda atau orang dewasa saja yang menggunakannya, ataukah ada anak kecil dalam anggota keluarga yang akan Anda izinkan untuk menggunakannya.

Ketika Anda tahu siapa yang akan menggunakan kolam renang, Anda akan memiliki rancangan awal untuk ukuran dan kedalaman kolam renang Anda. Jika ada anggota keluarga Anda yang masih anak – anak, mungkin Anda akan mempertimbangkan untuk membangun kolam renang yang memiliki kedalaman dangkal sehingga mencegah anak – anak Anda bermain di kolam renang yang dalam yang akan berakibat buruk, misalnya tenggelam.

  1. Luas lahan yang diperlukan

Sebelum membangun kolam renang, Anda harus memiliki lahan dengan luas yang cukup untuk dijadikan kolam renang. Pertimbangkan luas lahan yang Anda miliki dan ukuran kolam renang yang akan Anda bangun. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk membangun kolam renang di halaman belakang rumah padahal lahan yang Anda miliki itu sempit.

  1. Penggunaan listrik

Sebuah kolam renang yang baik seharusnya membutuhkan pompa air yang digunakan untuk sirkulasi air yang ada di kolam renang untuk menjaga air tetap bersih dan segar. Pompa tersebut sudah tentu menggunakan listrik untuk pengoperasiannya dan daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan pompa tersebut pun terbilang cukup besar. Terlebih lagi jika Anda menggunakan mesin vakum untuk membersihkan kolam, mesin tersebut pun menggunakan listrik untuk dapat beroperasi.

Selain pompa, sebuah kolam renang juga membutuhkan lampu untuk penerangan di malam hari. Lampu tersebut ada yang letaknya di bawah air, atau di atas kolam renang. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan listrik yang dibutuhkan untuk dapat membangun sebuah kolam renang pribadi di rumah Anda.

  1. Pasokan air

Setelah listrik, hal lain dan yang termasuk paling penting yaitu pasokan air untuk kolam renang Anda. Dari mana pasokan air untuk mengisi kolam renang Anda, apakah air dari saluran instalasi PDAM, air tanah, atau bahkan Anda akan menyediakan air khusus yang diambil dari air gunung untuk kolam renang Anda.

  1. Material apa saja yang dibutuhkan

Dalam membangun sebuah kolam renang, Anda membutuhkan banyak material konstruksi. Pertimbangkan dulu apakah Anda ingin menggunakan material – material seperti ubin, atau lantai keramik untuk dasar kolam Anda, atau hanya menggunakan plester.

Selain itu, material apakah yang ingin Anda gunakan untuk dinding kolam renang Anda, apakah Anda memiliki desain dinding yang terbuat dari kayu, kaca, atau keramik. Tak kalah penting juga, material seperti pipa yang dibutuhkan untuk sistem sirkulasi air untuk kolam renang Anda.

  1. Anggaran

Hal lain yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah anggaran dana. Anda harus mempersiapkan anggaran dana yang dialokasikan untuk pembangunan kolam renang. Biaya yang menyangkut pembayaran jasa konstruksi, arsitek, dan tenaga kerja yang membangun kolam Anda harus dipersiapkan agar tidak terjadi hal – hal yang dapat merugikan.

Itulah beberapa aspek yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membangun sebuah kolam renang pribadi di rumah Anda. Pastikan aspek – aspek tersebut Anda penuhi agar keinginan Anda membangun kolam renang tidak terhambat karena kurangnya persiapan dan hal – hal lain di luar rencana.