Tips

7 Desain Kolam Renang Minimalis

Spread the love

Memiliki area tersisa di belakang rumah sangat bisa dimanfaatkan untuk dibuat kolam renang pribadi. Meskipun sisa lahan yang sedikit, tapi kamu juga tetap bisa membuat kolam renang sendiri dengan desain minimalis.

Banyak orang yang beranggapan memiliki kolam renang di rumah harus menyisakan lahan yang besar. Rupanya dengan lahan yang terbatas, kamu bisa mengasah kreativitasmu dan menciptakan kolam renang yang nyaman di rumah.

Kolam renang minimalis bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membuat rumah kamu lebih nyaman. Apalagi jika kamu punya anak-anak yang hobi berenang, sebaiknya buat sendiri kolam renang pribadi di belakang rumah kamu.

Desain Kolam Renang Minimalis

Memiliki kolam renang pribadi tentu menjadi impian banyak orang. Apalagi dengan kolam renang ini, kita bisa bersantai bersama keluarga setiap hari.

Jika kamu memiliki sisa lahan di belakang rumah, manfaatkanlah untuk membuat kolam renang. Berikut ini beberapa ide desain kolam renang minimalis yang bisa membuat rumah jadi lebih sejuk:

  1. Kolam Renang Mini

Sisa lahan di belakang rumah bisa kamu manfaatkan untuk membuat kolam renang mini. Kolam renang mini biasanya memiliki ukuran yang beragam, tergantung sisa lahan yang kamu miliki di belakang rumah.

Kolam renang mini ini bisa digunakan untuk berendam dan berenang bersama anak-anak. Tambahkan juga beberapa kursi taman di sekitarnya agar mendapatkan suasana liburan.

  1. Kolam Renang Industrial

Kolam renang industrial menjadi salah satu desain kolam renang yang saat ini banyak digunakan. Sebab desain industrial ini terlihat sederhana, kamu bisa menambahkan beberapa dekorasi pinggir kolam dengan pot besar.

Desain kolam renang industrial ini banyak diterapkan di rumah-rumah kota besar karena lahan yang terbatas serta konsep industrial lebih mudah untuk dibuat.

  1. Kolam Renang Rooftop

Bagi kamu yang punya rooftop yang kosong, sebaiknya buatlah kolam renang atap. Desain kolam renang atap ini mengadopsi dari hotel atau apartemen yang memiliki kolam renang di atap.

Meskipun rooftop kamu kecil, kamu masih bisa membuat kolam renang dengan dekorasi yang menarik ala liburan. Perhatikan juga untuk pembuatan kolam renang rooftop karena kamu harus memperhitungkan kekuatan atap rumah kamu.

  1. Kolam Renang Melengkung

Salah satu desain kolam renang yang masih jarang ada di rumah-rumah minimalis yakni kolam renang melengkung. Sebab banyak orang yang beranggapan bahwa kolam renang melengkung hanya bisa dibuat di lahan yang besar.

Kamu bisa membuat kolam renang melengkung dengan lahan terbatas di belakang rumah kamu. Kamu bisa membuatnya di sekitar taman belakang rumah agar suasana rumah menjadi lebih sejuk.

  1. Vertikal Garden

Kolam renang dengan konsep vertical garden sedang menjadi favorit banyak orang. Sebab dengan vertical garden, kamu akan mendapatkan suasana rumah yang lebih sejuk dengan konsep liburan.

Vertikal garden juga membuat suasa di sekitar kolam renang menjadi lebih sejuk karena tanaman yang menyerap panas matahari. Tanaman dinding bisa menjadi pilihan tepat jika kamu ingin kolam renang dengan konsep modern.

Bahkan kolam renang dengan vertical garden ini banyak dimiliki rumah di kota-kota besar. Kamu bisa melihat inspirasi kolam renang vertical garden ini dari beberapa rumah artis ibu kota.

Vertikal garden bisa membuat suasana rumah kamu menjadi lebih sejuk meskipun kolam renang berada di area terbuka.

  1. Kolam Renang Setengah Lingkaran

Sisa lahan di belakang rumah sangat sedikit dan kamu tetap ingin membuat kolam renang? Tenang saja karena kamu bisa membuat kolam renang dengan desain setengah lingkaran.

Kolam renang setengah lingkaran ini masih sangat jarang ditemui. Meskipun sempit, kolam renang ini masih bisa digunakan untuk berendam. Kolam renang setengah lingkaran sangat cocok untuk kamu yang memiliki lahan sempit di belakang rumah.

Tambahkan juga dekorasi tanaman atau kursi taman agar suasana liburan ada di rumah kamu. Kolam setengah lingkaran ini bisa kamu buat berdempetan dengan tembok rumah kamu.

  1. Kolam Renang dengan Taman

Jika kamu suka dengan vila di bali yang memiliki kolam renang taman, maka kamu bisa membuatnya sendiri di rumah kamu. Kuncinya berikan banyak tanaman dan bunga-bunga yang bisa mempercantik halaman belakang rumahmu.

Buatlah kolam dengan ukuran minimalis agar kamu bisa meletakkan tanaman di sekitar kolam. Desain kolam renang taman ini sangat mirip dengan kolam renang yang ada di bali.

Kamu bisa merasakan suasana liburan hanya dengan berada di belakang rumah sambil menikmati waktu bersantai bersama keluarga.

Itulah beberapa desain kolam renang minimalis yang cocok untuk kamu yang memiliki sisa lahan di belakang rumah kamu. Tentukan desain kolam renang yang cocok dan ukurannya pas dengan lahan rumah kamu. Tambahkan juga tanaman agar suasana menjadi lebih sejuk.