Tips

Bagaimana Merawat Kolam Renang dengan Baik

Spread the love

Memiliki kolam renang pribadi di rumah sendiri berarti Anda juga harus memiliki komitmen untuk merawat kolam renang Anda dengan baik. Perawatan – perawatan yang berkaitan dengan kebersihan dan kualitas air, serta maintenance perlengkapan atau aksesoris yang ada di kolam renang harus selalu Anda perhatikan dengan baik.

Kolam Renang yang Baik

Saat memiliki kolam renang baik itu kolam renang pribadi maupun kolam renang umum, hal – hal yang berkaitan dengan perawatan dan maintenance kolam yang baik haruslah menjadi hal yang sangat Anda perhatikan dan jaga baik – baik. Sebuah kolam renang dapat dikatakan baik dan layak apabila memenuhi 4 kategori perawatan yakni, perawatan mechanical, perawatan electrical, perawatan plumbing, dan perawatan konstruksi.

  1. Perawatan mechanical

Sebuah kolam renang beroperasi dengan sistem mechanical yang menyangkut keseluruhan sistem yang bekerja secara otomatis menurut standar perawatan. Perawatan mechanical ini berkaitan dengan pengecekan dan penggantian komponen – komponen yang rusak.

  1. Perawatan electrical

Perawatan ini bersinggungan langsung dengan komponen yang menggunakan kelistrikan dalam operasinya. Pada dasarnya, perawatan electrical ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan namun tidak bisa dianggap sepele. Karena jika terjadi kerusakan pada komponen elektrikal ini, akan berakibat sangat fatal pada pengguna kolam renang.

  1. Perawatan plumbing

Perawatan plumbing ini menyangkut sistem sirkulasi dalam kolam renang. Perawatan ini dengan memeriksa kualitas sirkulasi air di kolam renang yang bisa dilakukan sejak dimulainya pembangunan kolam renang. Hal ini juga harus rutin dilakukan agar kualitas sirkulasi air terjaga dengan baik.

  1. Perawatan konstruksi

Perawatan ini berkaitan dengan sistem konstruksi yang dibangun untuk kolam renang. Hal – hal yang menjadi konsen misalnya kondisi lantai dasar kolam, dinding, aksesoris kolam renang seperti tangga, dan ubin atau lantai di sekitar kolam renang. Perawatan ini harus dilakukan dengan memberi jadwal rutin karena kerusakan pada sistem ini akan berakibat fatal yang dapat mengganggu pengguna dan juga merusak fungsional kolam renang tersebut.

Tips Merawat Kolam Renang

Setelah mengetahui aspek yang mengindikasi bahwa kolam renang Anda baik dan layak, berikut ini akan kami bagikan beberapa tips cara merawat kolam renang yang baik. Tipsnya, antara lain:

  1. Jaga keseimbangan kimia air kolam

Untuk menjaga air kolam renang tetap jernih dan tidak berbau, perlu adanya campuran air kimia pada air kolam renang Anda. Anda perlu menyeimbangkan bahan campuran kimia ke dalam kolam Anda dengan menyesuaikan ukuran dan volume air dalam kolam renang.

Contohnya seperti bahan kaporit yang digunakan untuk menjaga kejernihan air dan mencegah air berbau. Jika Anda mencampurkan terlalu banyak kaporit dalam air kolam renang Anda, hal tersebut justru akan membuat air kolam memiliki bau bahan kimia yang menyengat dan akan menyebabkan iritasi kulit pada penggunanya.

Anda juga perlu menyeimbangkan tingkat PH air tetap ideal untuk melindungi kulit dan mata Anda dari iritasi yang disebabkan bakteri.

  1. Mencegah pertumbuhan lumut

Menjaga kebersihan kolam renang dari lumut bisa Anda lakukan dengan menggosok permukaan lantai dasar kolam Anda atau lantai di atas sekitar kolam renang Anda. Cukup lakukan hal tersebut setidaknya satu kali dalam satu minggu untuk mencegah tumbuhnya lumut dan juga membersihkan komponen – komponen yang berpotensi karat serta kemungkinan adanya lumpur di kolam renang Anda.

  1. Menanam pohon di sekitar kolam

Keberadaan pohon di sekitar kolam berfungsi untuk mencegah tumbuhnya alga yang berkembang biak di kolam renang Anda. Berkembang biaknya alga di kolam Anda membuat air di kolam menjadi keruh dan kehijauan. Pepohonan di sekitar kolam yang menghasilkan oksigen di siang hari dapat membantu menekan pertumbuhan alga.

  1. Gunakan vakum penyedot debu kolam renang

Lantai dasar dari kolam renang biasanya akan dipenuhi dengan kotoran yang disebabkan kotoran dari air atau permukaan air yang terurai dan jatuh dasar kolam. Menggunakan vakum khusus untuk menyedot debu dan kotoran di kolam dapat membantu Anda menyingkat waktu membersihkan kolam sekaligus bisa dilakukan lebih sering karena penggunaannya yang mudah dan otomatis.

  1. Gunakan alat penyaring atau filter

Terkadang secara tidak diharapkan, kolam renang Anda akan diisi dengan daun – daun kering yang rontok dari pepohonan di sekitar kolam renang dan juga puing reruntuhan ranting kayu yang berjatuhan. Maka dari itu Anda perlu menggunakan alat penyaring atau filter untuk menyaring kotoran – kotoran yang dapat mengganggu kebersihan kolam renang Anda.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat kolam renang Anda dan menjaga kualitas air di kolam renang Anda. Lakukan tips – tips tersebut secara rutin bila perlu agar kebutuhan menggunakan kolam renang akan terjaga kenyamanannya dan adanya kolam renang dapat berfungsi maksimal.