Tips

Perbedaan Ukuran Kolam Renang Rumah dan Umum

Spread the love

Dalam proyek pembangunan kolam renang, banyak hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Pertimbangan ini, antara lain seperti ukuran, bentuk, dan bahan atau material yang diperlukan untuk membangun kolam renang tersebut.

Terdapat beberapa perbedaan ukuran kolam dan jenis dimensi kolam tertentu yang disesuaikan dengan tujuan penggunaan atau lokasinya. Pada dasarnya tidak terdapat batasan untuk jenis ukuran kolam renang.

Pengertian Kolam Renang

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita sedikit mengulas tentang definisi kolam renang dan jenis – jenis kolam renang. Pada dasarnya, kolam renang merupakan sebuah konstruksi yang dibangun di sebuah lahan yang memiliki luas tertentu dan dirancang khusus dengan dimensi dan tinggi atau kedalaman tertentu yang nantinya akan di isi dengan air di dalamnya.

Sebuah kolam renang bisa dimanfaatkan untuk sarana olahraga maupun sarana hiburan. Kolam renang juga memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan fungsi dan tempat dibangunnya. Jenis kolam renang yang paling banyak dikenal oleh masyarakat yaitu kolam renang pribadi dan kolam renang umum.

  1. Kolam renang pribadi

Kolam renang pribadi adalah kolam renang yang dibangun di halaman rumah dan penggunaannya hanya untuk anggota keluarga atau orang tertentu dengan seizin pemiliknya. Kolam renang pribadi biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kolam renang umum atau kolam renang yang lain. Umumnya, ukuran kolam renang pribadi yaitu antara 3,5 meter x 6 meter sampai 6 meter x 10 meter dengan kedalaman umum mulai dari 1 meter sampai 2 meter.

Desain bentuk dari kolam renang pribadi pun sangat beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya. Ada yang bentuknya sederhana seperti persegi atau lingkaran, sampai bentuk yang seperti potongan pizza. Semua itu karena bentuk kolam renang pribadi tidak terbatas dan tidak memiliki aturan khusus dalam standar bentuk, semuanya atas dasar keinginan pemilik.

Adanya kolam renang pribadi yang dibangun di halaman rumah dipandang sebagai salah satu simbol status bagi pemiliknya. Karena membangun kolam renang bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan semua orang yang memiliki rumah. Di samping lahan yang harus luas untuk dibangun kolam renang, biaya dan kelengkapan standar untuk membangun sebuah kolam renang juga tidak bisa asal – asalan. Memiliki kolam renang pribadi di rumah Anda juga dapat meningkatkan nilai properti aset rumah Anda.

Sebuah kolam renang harus dibangun dengan desain atau rancangan yang khusus agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, di dalam sebuah kolam renang juga harus dilengkapi dengan sistem sirkulasi air yang baik dan aksesoris pelengkap seperti lampu, tangga, inlet, dan sebagainya. Biaya yang dibutuhkan untuk perawatan sebuah kolam renang juga tidak sedikit karena kolam renang harus dijaga kualitas airnya dan harus sering dibersihkan dengan baik.

Kolam renang pribadi biasanya digunakan oleh pemiliknya untuk bersenang – senang atau bersantai bersama anggota keluarga, menjaga gaya hidup sehat dengan berolahraga renang, dan sebagainya.

  1. Kolam renang umum

Jenis kolam renang selanjutnya yaitu kolam renang umum. Kolam renang umum ini merupakan fasilitas umum yang dibangun di atas lahan yang luas dan penggunaannya untuk semua orang. Kolam renang umum biasanya memiliki beberapa kolam yang berbeda berdasarkan usia penggunanya mulai dari kolam renang anak, kolam renang dewasa, sampai kolam renang Olimpiade terdapat di sana.

Perbedaannya dengan kolam renang pribadi di rumah, kolam renang umum memiliki jam operasional dalam sehari dan menggunakan tiket masuk sebagai kompensasi saat pengunjung ingin menggunakan kolam renang tersebut. Perawatan dan sistem sirkulasi airnya pun berbeda dengan kolam renang di rumah. kolam renang umum memiliki sistem sirkulasi air yang lebih rumit dengan metode perpipaan yang juga rumit untuk menjaga kualitas air.

Biasanya, kolam renang umum ini juga diberi bahan kimia tertentu untuk menjaga kualitas air tetap baik. Kolam renang umum memiliki luas kolam sekitar 24 meter persegi dengan kedalaman bervariasi mulai dari 0,5 meter yang biasanya diperuntukkan untuk anak – anak, sampai kedalaman 5 meter yang biasanya digunakan untuk area khusus latihan atau kompetisi renang.

Namun yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan kolam renang umum ini adalah kebersihannya, karena kolam renang umum merupakan fasilitas umum yang bisa dipakai oleh semua orang tanpa terbatas, kebersihan dari air di dalam kolam biasanya rentan terhadap bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Maka dari itu, pilihlah kolam renang umum yang kebersihannya terjaga dan fasilitas – fasilitasnya juga terpelihara dengan baik.

Kesimpulannya, kolam renang pribadi di rumah memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kolam renang umum. Waktu penggunaannya pun berbeda antara keduanya karena kolam renang umum memiliki jam operasional sedangkan kolam pribadi tidak memiliki batas waktu penggunaan.